Ini Dia Beragam Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Minyak zaitun  menjadi bahan alami yang manfaatnya sangat diakui oleh kalangan masyarakat. Bukan hanya digunakan sebagai bahan merawat kecantikan. Beberapa peneliti juga membenarkan kandungan minyak tersebut mampu digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berbeda dengan minyak lainnya. Jenis ini bisa digunakan secara langsung pada kulit yang bermasalah. Selain itu bisa digunakan untuk menghaluskan bibir, serta dapat diminum sebagai pengobatan dari dalam. Tidak mengherankan jika kemudian banyak industri kreatif yang memanfaatkannya sebagai campuran produk kecantikan maupun kesehatan.

Berbeda dari minyak kelapa, olive oil lebih memiliki kandungan lemak jenuh, asam lemak omega 3, dan omega 6 yang semuanya terkandung dalam buah zaitun. Riset tersebut membuktikan bahwasannya olive oil mengandung lebih banyak lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Buah zaitun memang berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan dari ringan hingga kronis. Misalnya saja, kanker, diabetes, jantung, dan stroke.

Perkembangan ilmu teknologi membuatnya bisa dikategorikan dalam berbagai jenis. Tetapi, yang perlu digaris bawahi disini ialah setiap tipe atau variasi dari olive oil masih berfungsi untuk kesehatan. Anda tidak perlu terlalu cemas karena produk minyak itu banyak dijual-belikan di pasar konvensional maupun online. Berhubung pengobatan bersifat alami. Maka, jangan heran ketika proses penyembuhan cukup lama. Kondisi ini beriringan dengan tidak ada efek samping yang diberikan. Berikut jenis olive oil berdasarkan jenisnya:

  1. Jenis extra virgin olive oil. Jenis ini termasuk hasil pemerasan dari buah zaitun secara langsung. Sehingga bisa dipastikan kandungan didalamnya berkhasiat banyak untuk kesehatan badan. Sekaligus memiliki 1 persen tingkat keasaman.
  2. Jenis virgin, sedangkan untuk jenis ini termasuk hasil dari proses pertama. Dimana tingkat keasaman mencapai 3 persen.
  3. Fino, jenis ketiga tersebut termasuk sebagai gabungan antara jenis pertama dan kedua.
  4. Pure, berikut ini termasuk jenis olive oil yang dihasilkan dari olahan jenis virgin.

Manfaat minyak zaitun sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Mulai digunakan sejak munculnya peradaban sampai sekarang minyak jenis kian populer di telinga masyarakat. Bisa digunakan dalam jangka waktu lama dengan batasan 3 bulan sejak awal produksi. Namun, ada pula beberapa jenis olive oil yang bisa dimanfaatkan hingga hampir 2 tahun. Anda memiliki kendali penuh akan kesehatan yang sekarang masih dimiliki. Tidak ada salahnya untuk mencoba mulai melakukan perawatan.

Olive oil masuk dalam deretan minyak alam yang mempunyai berbagai khasiat yang dibutuhkan tubuh. Keluhan pada kulit wajah, bibir pecah-pecah, rambut rontok, dan jenis kendala ringan lainnya mampu diatasi dengan baik. Tidak hanya berhenti disini, karena pada dasarnya minyak ini memiliki zat yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kronis. Berikut penjelasannya:

  1. Mencegah stroke. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi olive oil memiliki resiko stroke lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.
  2. Mencegah terjadinya kanker. Penambahan asupan olive oil pada makanan memungkinkan produksi antioksidan pada tubuh. Sehingga sistem imun kian membaik mendukung pencegahan tumbuhnya berbagai jenis kanker.
  3. Mengurangi tingkat obesitas.
  4. Mengurangi tingkat hipertensi.

Konsumsi minyak zaitun bukan hanya dijadikan sebagai obat penyembuhan. Melainkan kehadirannya bisa digunakan untuk upaya pencegahan. Tidak hanya itu Anda harus mengimbangi pola makan tersebut dengan olah raga dan pola pikir positif. Hidup sehat bisa dimulai dari sekarang. Tidak perlu berlebihan cukup jalankan apa yang tubuh Anda butuhkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *