Juli 14, 2020

Cara Perawatan Mesin Cuci agar Tidak Mudah Rusak

fMesin cuci merupakan alat elektronik yang dibutuhkan dalam rumah tangga untuk membantu pekerjaan rumah menjadi lebih cepat. Keberadaan mesin cuci tentu saja sangat dibutuhkan. Selama menggunakan mesin cuci perlu dilakukan service mesin cuci sesuai kondisi mesin cucinya. Berikut cara perawatan mesin cuci agar tidak mudah rusak dan bisa tahan lama.

1.      Penempatan Mesin Cuci

Perawatan mulai dilakukan dari Anda memilih tempat untuk meletakkan mesin cucinya. Lokasi yang tepat adalah tidak lembap, permukaannya datar, dan pastikan ada ruang di belakang dan di samping mesin cuci. Jangan meletakkan mesin cuci terlalu rapat dengan dinding karena bisa membuat komponen mesinnya mudah panas.

Selain itu jangan meletakkan mesin cuci pada tempat yang langsung terkena matahari. Pastikan posisi mesin cuci jauh dari jangkaun anak bermain agar tidak terjadi hal buruk yang tidak diinginkan. Tempat yang terbaik untuk meletakkan mesin cuci adalah mendapatkan sedikit cahaya dan tidak pengap karena bisa mempengaruhi suhu mesin pada mesin cucinya.

2.      Gunakan sesuai Petunjuk

Setiap alat elektronik memiliki petunjuk pemakaiannya termasuk mesin cuci. Cara agar mesin cuci tidak mudah rusak maka gunakan sesuai dengan petunjuknya untuk jumlah air dan detergen. Pastikan kapasitas pakaian yang dimasukkan tidak melebihi aturan yang ada pada mesin karena bisa berisiko merusak motor penggerak mesin cucinya.

3.      Cermat dalam Penggunaan

Penting untuk Anda hati-hati dan cermat saat menggunakan mesin cuci yaitu memastikan bahwa pintu mesin cucinya sudah tertutup dengan benar. Jangan coba-coba memasukkan pakaian ke dalam mesin saat sedang bekerja. Saat pengisian air jangan sampai menyemprot atau kontrol panelnya terkena air.

4.      Perhatikan Ventilasi

Saat Anda melakukan pencucian pastikan bagian ventilasi mesin cucinya tidak tertutup agar suhu mesin cucinya tetap stabil. Jika Anda lalai memperhatikan hal ini tentu mesin cuci akan berisiko mengalami kerusakan dan membutuhkan jasa service mesin cuci untuk mengatasinya.

5.      Pembersihan Berkala

Dalam merawat mesin cuci agar tidak mudah rusak penting untuk Anda melakukan pembersihan berkala dari sisa detergen dan pelembut pakaian. Cara melakukannya yaitu setelah selesai mencuci pakaian Anda tinggal mengisi air secukupnya dan menekan mode cleaning.

Bersihkan juga bagian yang dialiri air secara berkala agar tidak mudah berlumut. Anda juga perlu membersihkan bagian dalam mesin yang caranya menggunakan detergen lalu mesin dinyalakan dengan satu kali putaran. Selain itu bersihkan juga bagian filter mesin cuci paling tidak 1 minggu sekali agar proses pencucian pakaian tidak ada kotoran yang menempel.

6.      Cabut Colokkan

Setelah Anda menggunakan mesin cuci penting untuk selalu mencabut colokan mesin cuci agar tidak ada risiko terjadinya konslet. Selain itu jika colokkan sudah dicabut maka saat adanya pemadaman listrik tidak terjadi masalah ketidakstabilan pada voltase alat elektronik.

7.      Matikan Tombol Power

Setelah menggunakan mesin cuci juga jangan langsung menutupnya karena kondisi tabung masih basah. Anda juga perlu mematikan tombol power setelah menggunakan mesin cuci jika tombolnya tidak otomatis mati. Selain itu perlu untuk melindungi bagian panel kontrol mesin dengan menggunakan plastik bening agar terhindar dari risiko terkena air.

Perawatan ini bisa dilakukan dengan mudah, hanya saja Anda sering lalai dan menganggapnya tidak penting. Padahal perawatan secara sederhana ini sangat mempengaruhi daya tahan dari penggunaan mesin cuci. Jika proses kerja dari mesin cuci saat pencucian tidak seperti biasanya Anda bisa memanggil jasa service mesin cuci. Jasa terpercaya bisa didapatkan di sejasa.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *