September 29, 2020

Produk Asuransi Berbasis Syariah Untuk Masa Depan Cerah

 

Perusahaan asuransi konvensional sudah berkembang sejak lama di Indonesia. Namun, beberapa waktu belakangan, mulai marak dan berkembang berbagai perusahaan asuransi syariah yang berpedoman pada hukum dan syariat islam. Setiap perusahan tentu akan menawarkan produk terbaiknya, salah satunya adalah Allianz. Mari simak informasi lengkap di bawah ini mengenai produk asuransi berbasis syariah dari Allianz!

4 Produk Unggulan Asuransi Syariah

Asuransi berbasis syariah terbagi atas beragam produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Orang-orang muslim di Indonesia sendiri menyukai 4 macam produk asuransi syariah yakni asuransi jiwa, jiwa plus, haji hingga wakaf. Berikut ulasan lengkapnya:

1.     Asuransi Dana Haji

Kesiapan dana menjelang keberangkatan haji perlu diperhitungkan dengan matang dan bisa dicicil dengan mengikuti produk asuransi syariah. Syarat pengajuannya relatif mudah dan cepat, di antaranya:

  •  Peserta wajib mengisi surat permintaan asuransi jiwa syariah.
  • Pemegang polis sudah memahami dan menyetujui manfaat produk dengan membubuhkan tanda tangan.
  • Fotocopy KTP dan dokumen pendukung lain.
  • Pembayaran premi dilakukan tepat waktu sesuai ketentuan.

Manfaat yang akan diperoleh oleh peserta dari produk ini adalah mendapatkan dana persiapan haji beserta tabungan yang terkumpul,  bisa dibatalkan maksimal 21 hari setelah terdaftar, mendapatkan dana santunan jika peserta meninggal dunia baik sebelum berangkat maupun ketika di tanah suci.

2.     Asuransi Dana Wakaf

Wakaf menjadi salah satu cara untuk meraih berkah dan pahala dengan jalan penyaluran dana bagi kepentingan masyarakat. Salah satu produk dari perusahaan asuransi syariah adalah fitur dana wakaf. Hal ini tentu akan memudahkan umat muslim untuk bersedekah dengan jalan mencicil sedikit demi sedikit.

Asuransi wakaf dari Allianz bisa diklaim saat peserta meninggal dunia. Besaran nilai klaim yang dapat dicairkan sesuai dengan prosentase wakaf yang diambil yaitu 45% dari santunan asuransi jiwa dasar dan tambahan atau 30% dari potensi dana investasi.

3.     Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa syariah dari Allianz yang digunakan sebagai perlindungan bagi keluarga adalah allianz protection plus. Peserta yang memilih produk ini cukup mendaftarkan diri dengan membawa fotocopy tanda pengenal, surat permintaan asuransi jiwa syariah dan beberapa dokumen pelengkap. Klaim bisa dilakukan saat peserta meninggal dunia dan dana langsung diserahkan kepada pihak keluarga.

4.     Asuransi Jiwa Plus

Maxi fund plus menjadi produk asuransi jiwa yang lebih lengkap dari protection plus. Tidak hanya untuk perlindungan jiwa sata, tetapi dana yang akan didapatkan juga berasal dari investasi halal. Namun, asuransi ini memiliki 2 risiko yaitu nilai pengembalian investasi tidak terjamin dan nilai unit melebihi biaya asuransi dasar.

Pilihan produk asuransi jiwa berbasis syariah sangat beragam yakni mulai dari asuransi jiwa, kesehatan hingga dana haji. Kemampuan finansial dan urgensi produk menjadi salah satu bahan pertimbangan sebelum memilih produk. Para peserta bisa mengikuti lebih dari 1 produk asalkan pembayaran premi dilakukan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *