November 29, 2020

Apa Itu Fintech dan dan Manfaatnya untuk Masyarakat?

Salah satu pendiri free software movement, Richard Stallman mengatakan “sharing is good, and with digital technology sharing is easy”. Apa yang diutarakan beliau sangat benar, di era teknologi digital seperti sekarang banyak sekali kemudahan yang bisa didapatkan. Dan salah satunya adalah layanan keuangan. Di era seperti sekarang, masyarakat semakin dimudahkan dengan hal-hal yang terkait dengan layanan keuangan, entah dalam bidang perbankan atau dalam jasa keuangan lainnya. Jadi bukan hal yang mengherankan apabila beberapa tahun belakangan ini muncul fintech atau financial technology.

                Financial technology merupakan sebuah terobosan dalam dunia keuangan. Dengan adanya teknologi baru ini, jasa keuangan yang semua sangat konvensional akhirnya berubah menjadi lebih modern dan tentunya lebih mudah dan efisien. Sebelum adanya terobosan baru ini, dahulu ketika ingin melakukan transaksi keuangan maka anda harus datang ke bank atau pergi ke ATM. Namun sekarang anda tidak perlu melakukan itu karena semuanya bisa anda lakukan melalui smartphone. Dari penjelasan-penjelasan tersebut, apakah anda sudah memahami pengertian fintech?

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan telah membuat klasifikasi financial technology menjadi dua kategori, yaitu financial technology 2.0 untuk yang berbasis layanan keuangan digital dan yang kedua adalah financial technology 3.0 untuk startup teknologi dengan produk jasa inovasi keuangan. Sedangkan menurut FSB atau Financial Stability Board mengklasifikasikan financial technology menjadi empat kategori, yaitu manajemen resiko, layanan sistem pembayaran, peer to peer lending, manajemen resiko dan investasi serta agregator sebagai perusahaan yang mengumpulkan dan mengolah data agar dapat dimanfaatkan oleh konsumen.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak fintech OJK alias financial technology yang sudah lulus OJK sehingga aman untuk digunakan. Kehadiran financial technology menjadi sebuah jembatan antara lembaga perbankan atau Lembaga keuangan dengan masyarakat. Diharapkan dengan adanya financial technology mampu meningkatkan inklusi keuangan yang ada di Indonesia.

Lalu seperti apa manfaat yang bisa didapatkan masyarakat dengan menggunakan layanan atau produk berbasis financial technology?

  • Pelayanan keuangan lebih mudah dan cepat

Selama ini orang-orang malas berurusan dengan hal-hal berbau keuangan karena administrasinya cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Namun sejak adanya financial technology masyarakat dapat merasakan pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah. Contohnya adalah ketika anda ingin membuka rekening baru di sebuah bank, anda tidak perlu datang langsung ke bank nya dan cukup mendownload aplikasi mobile banking nya dan mengikuti proses pembukaan rekening sesuai dengan aplikasi tersebut.

  • Menjangkau masyarakat luas

Keterbatasan akses ke bank ataupun layanan keuangan lainnya membuat masyarakat menjadi kurang informasi. Namun selama adanya internet, maka siapa saja bisa mengakses layanan keuangan yang disediakan oleh perusahaan ataupun startup berbasis financial technology.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *