Mei 13, 2021

Faktor-faktor Penting Ketika Memilih AC Sentral

Mengutip info dari laman Departemen Energi Amerika Serikat, diungkapkan bahwa AC sentral adalah pendingin ruangan yang mampu mengaliran suhu dingin ke dalam ruangan dengan menggunakan sistem saluran pengatur panas. Oleh sebab itu, mesin AC sentral gedung ini umumnya ditempatkan di bagian luar gedung lalu mesin disambungkan dengan pipa ke pengalir udara yang terletak di dinding gedung.

Faktor Penting dalam Memilih AC Sentral

Keuntungan utama dari pemakaian jenis AC ini adalah tidak menimbulkan suara bising serta dianggap hemat listrik. Oleh sebab itu, AC ini lebih efisien dan nyaman untuk dioperasikan daripada AC unit terutama untuk gedung yang digunakan untuk bisnis seperti perkatoran, mall, restoran, dll. Akan tetapi, harga yang dipatok untuk jenis AC ini cukup mahal.

Bagi Anda yang ingin membeli AC sentral, berikut beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan agar nantinya Anda tidak merasa rugi setelah menginstalasi AC sentral ini.

1. Ukuran

Pernahkan Anda berada di dalam ruangan ber-AC namun masih tetap terasa panas? Hal ini bisa disebabkan oleh ukuran pendingin ruangan tersebut. Sebab, semakin besar PK AC bukan berarti semakin cepat dan besar pula kemapuannya untuk membuat ruangan menjadi sejuk.
Kesalahan dalam memilih ukuran PK AC juga bisa menyebabkan penggunaan listrik menjadi boros. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui ukuran PK yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda.

2. Efisiensi

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa AC memerlukan tenaga listrik yang cukup besar. Oleh karena itu, selain memahami berapa ukuran PK yang sesuai dengan ruangan Anda, penting pula bagi Anda untuk mengetahui seberapa dingin kekuatan pendingin ruangan tersebut pada setiap watt listrik yang digunakannya.

Perhitungan efisiensi AC berdasarkan situs Consumer Report dikenal sebagai SEER, artinya peringkat efisiensi energi musiman. Perhitungan SEER minimum bagi AC sentral berkisar antara 15 hingga 18. Dengan demikian, usahakan untuk mencari AC yang memiliki angka SEER di rentan angka tersebut.

3. Perawatan

Apakah AC idaman Anda sudah memberikan paket layanan untuk perawatan dan pemeriksaan AC secara rutin? Jika benar, berarti Anda sudah menentukan pilihan yang tepat. Karena, biaya perawatan dan pemeriksaan AC secara rutin dalam jangka panjang bisa dibilang cukup mahal. Terlebih untuk AC sentral yang menggunakan sistem saluran.

4. Termostat yang terprogram

termostat merupakan alat untuk mengatur panas yang ada di dalam AC. Pemakaian termostat yang bisa diprogram penggunanya ternyata bisa menurunkan biaya pendinginan ruangan hingga 10%. Oleh karena itu, penting pula bagi Anda untuk memperhatikan faktor yang satu ini agar Anda bsa menghemat listrik.

Nah, demikian ulasan mengenai faktor penting yang sebaiknya Anda perhatikan apabila Anda ingin membeli AC sentral. Setelah memahami faktor tersebut semoga Anda bisa lebih mantap dalam menentukan pilihan AC terbaik yang ingin Anda gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *