September 16, 2021

8 Faktor Penyebab Banjir Yang Terjadi Akibat Perilaku Manusia Dan Keadaan Alam

 

Seringkali hujan deras yang turun selalu dituding menjadi penyebab utama terjadinya banjir yang sering disebut bencana alam. Padahal tanpa disadari, manusialah yang menjadi penyebab terbesar bencana yang menimpa dirinya sendiri.

Berikut dibawah ini 8 faktor penyebab banjir yang sering terjadi akibat perilaku manusia sendiri dan keadaan alam :

  1. Penebangan Hutan

Tanpa disadari penebangan hutan bisa menyebabkan lahan resapan air akan sangat berkurang dan bisa menimbulkan bencana seperti banjir bahkan tanah longsor. Daerah resapan air merupakan hal terpenting sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir. Karena itu, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk selalu menjaga kelestarian hutan dan tidak menyebabkannya gundul yang bisa mengakibatkan banjir.

  1. Membuang Sampah Tidak Pada Tempatnya

Penyebab banjir yang sering tidak disadari adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan seperti misalnya di sungai bisa mengakibatkan aliran air tersumbat dan akhirnya air sungai akan meluap.

Hal tersebut menjadi sebuah penyebab terjadinya banjir yang bisa merugikan masyarakat ataupun menimbulkan kerugian harta benda maupun korban jiwa.

  1. Pemukiman Di Bantaran Sungai

Penyebab lain terjadinya banjir adalah karena kurang tertatanya pemukiman penduduk di daerah bantaran sungai. Sisi negatif yang bisa timbul akibat hal tersebut adalah bisa membuat pendangkalan sungai, apalagi jika ditambah dengan kebiasaan buruk membuang sampah langsung ke sungai.

Selain itu, keadaan tanah disekitar sisi bangungan dikhawatirkan bisa ambles lalu menutupi sisi sungai. Hal tersebut menyebabkan aliran sungai menyempit dan rawan akan terjadinya banjir.

  1. Daerah Dataran Rendah

Penyebab banjir lainnya adalah daerah yang memiliki dataran rendah. Banjir biasanya akan timbul pada daerah-daerah yang memiliki kontur tanah rendah. Hal itu sesuai dengan teori bahwa air akan mengalir dari tempat yang datarannya tinggi menuju ke tempat yang datarannya lebih rendah. Kondisi itu memungkinkan akan terjadi banjir yang lebih besar.

  1. Curah Hujan Yang Tinggi

Hujan adalah salah satu faktor penyebab banjir yang seringkali ditemui. Tingginya intensitas curah hujan di suatu daerah dalam waktu yang lama berpotensi tinggi menyebabkan terjadinya banjir, apalagi di wilayah yang memiliki kontur tanah rendah.

  1. Pengaturan Drainase Yang Diubah Tanpa Mengindahkan AMDAL

Drainase adalah salah satu infrastuktur yang sangat penting bagi suatu kota dalam upaya mencegah terjadinya banjir. Drainase biasanya banyak dirubah tanpa mengindahkan AMDAL. Hal itu banyak terjadi di perkotaan.

Seharusnya daerah hutan atau rawa bisa berguna untuk mengatasi banjir. Namun, kenyataannya banyak lahan yang sudah dialihfungsikan menjadi mal maupun gedung-gedung tinggi perkantoran. Karena itu, sebaiknya perlu dilakukan penyeimbangan antara pembangunan di daerah kota dan kawasan drainase kota supaya bisa mencegah terjadinya banjir.

  1. Pemakaian Air Tanah Yang Berlebihan

Pemakaian air tanah yang berlebihan juga sangat berpotensi di perkotaan yang biasanya karena pembangungan yang pesat sehingga menyebabkan sangat banyaknya kebutuhan air di perkotaan.

Kenyataannya, hal itu memunculkan masalah baru yaitu permukaan tanah menjadi turun karena rongga air didalamnya kosong. Permukaan tanah yang mengalami penurunan akan semakin memperbesar resiko terjadinya banjir.

  1. Tinggal Di Kawasan Resapan Air

Penyebab banjir yang terakhir ini lagi-lagu akibat ketidakpedulian manusia yang biasanya tinggal di daerah perkotaan. Kebanyakan daerah resapan air diubah fungsinya menjadi pemukiman manusia. Akhirnya daerah resapan air akan semakin sedikit dan meningkatkan potensi banjir yang lebih tinggi ketika datangnya musim penghujan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *